Friday, August 31, 2012

One Night Left

Malam ini adalah malam terakhir bulan Agustus. Malam Purnama kedua bulan Agustus. Malam pengantar waktu menuju pagi September. Dan, malam ini adalah malam terakhir aku berada di rumah selama liburan hari raya. Time Count Down...

Selepas maghrib tadi, membaca catatan harian Ragil merupakan sebuah harmoni kehidupan. Menambah warna kehidupanku dengan pengakuan atas kehebatan adikku. Kedewasaannya yang terlihat dalam sikap, menunjukkan bahwa kedewasaan tidak mudah diukur dengan seberapa lama kita sudah ada di dunia ini. Adikku, begitu tegar dan kuat untuk menjadi Ragilnya Bapak dan Ibu.

Kerinduannya pada Bapak serta keiriannya yang ditujukan kepada kami -kakak-kakaknya- atas waktu yang lebih lama untuk mengenal Bapak dari pada dia yang dituturkan melalui kata, mengharubirukan hati dan membuncah air mata.

Adikku, walau engkau kalah waktu dengan kami, aku yakin kau mampu untuk lebih hebat, kuat, tegar, dari kami, dan bisa menjadi kebanggaan Bapak... Bapak selalu hadir dalam hati kita, bukan? :)

Dua puluh lima hari tidaklah cukup untuk mengabdikan diriku kepadamu, Ibu... Malam ini, hati dan ragaku terasa berat untuk sekedar membayangkan  esok sore aku sudah bertolak dari Bumi Kartini. Aku ingin lebih lama lagi di sini...

Kelelahanku karena dinas di rumah jauh lebih ringan dibandingkan dengan bagaimana lelahnya Njenengan, setiap hari mengejar matahari untuk kami, anak-anakmu. Aku ingin meringankan bebanmu, Ibu... Walaupun apa yang bisa kulakukan hanya sedikit dari tugas dan kewajibanmu.

Saat matahari terbenam, aku bahagia kau terlelap layaknya membayar lelahmu, menggantikan energimu yang seharian terkuras. Saat matahari belum terbit, aku lebih bahagia melihat matmu terbuka, mengawali harimu dengan munajat kepada Yang Hayy, Yang Hafidz...

Ibu... trima kasih untuk kesabaran dan ketegaran yang selalu kau ajarkan kepadaku... Meski aku belum mampu meneladanimu, ridloilah aku dan selalu doakan aku...

Aku akan pergi dengan membawa cinta untuk kubawa kembali...

No comments:

Post a Comment