Wednesday, August 17, 2011

Met Ultah ya, Kemerdekaan...


Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku


Aku tak ingat kapan aku mulai hafal lagu kebangsaan Indonesia. Yang aku ingat, setiap senin saat aku SD aku mengikuti upacara bendera di mana Indonesia Raya selalu dinyanyikan oleh anak-anak berputih-merah mengiringi pengibaran Sang Merah Putih. Seusia SD dulu aku senang saat ditugaskan menjadi pengibar bendera seraya membayangkan membawa Merah Putih (duplikat) Pusaka, seperti upacara kemerdekaan di Istana Merdeka yang aku lihat di televisi. Waw… haha

Di Tsanawiyah dan Aliyah tempatku belajar, upacara bendera dilaksanakan tiap dua minggu sekali pada hari Sabtu. Lagu yang aku dengar saat pengibaran Sang Merah Putih tidak berubah, masih Indonesia Raya. Namun pada masa itu, aku lebih senang mendengar Indonesia Raya dari persembunyianku di kelas karena malas mengikuti upacara bendera. Amanat Pembina upacara yang panjang dan lebar membuatku malas untuk sekedar berdiri di barisan. A ha…

Sudah tiga tahun aku tak mengikuti upacara bendera, tidak juga menyanyikan lagu kebanggaankebangsaan itu. Indonesia Raya jadi rebutan. Hebat.

Marilah kita berseru
Indonesia bersatu


Pagi tadi, pelan aku dengar Indonesia Raya diteriakkan pada upacara bendera di Lapangan depan rumah, Sang Merah Putih sedang dinaikkan hingga berkibar di ujung tiang disaksikan para pelajar dan aparat se-Kecamatan. Hari ini upacara kemerdekaan dilangitkan di berbagai tempat. Setelah Proklamasi, tujuh belas Agustus enam puluh enam tahun yang lalu saat Indonesia menyatakan diri bahwa Indonesia merdeka, kemerdekaan Indonesia memang selalu dirayakan. Indonesia Raya.

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta


Indonesia Raya tetap menjadi kebanggaan, di tengah pemimpinpenguasa Negara yang congkak, di tengah kebohongan yang selalu disembunyikan untuk diselamatkan, di tengah pencuri yang bertopeng, di tengah kebodohan yang masih menyelimuti hangat negeri ini, di tengah kemiskinan moral, di tengah penderitaan, di tengah kebencian dan perpecahan, di tengah ratusan wanita Indonesia yang entah di negeri orang.

Indonesia Raya masih indah didengar oleh ratusan juta pasang telinga, termasuk aku yang mempunyai mulut tak jarang bertutur buruk.

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Indonesia Raya,
Raya, Raya… Raya!

Selamat ulang tahun, Kemerdekaan…


Jepara,
66 tahun setelah 17 Agustus 1945

No comments:

Post a Comment